Fakultas Ekonomi merupakan salah satu Fakultas di Universitas Serambi Mekkah yang berada di Provinsi Aceh. Sejak didirikan tahun 1999 dan ditandatangani oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia, dengan nomor SK 126/D/0/1999, telah menghasilkan lulusan yang saat ini sudah bekerja di berbagai instansi dan juga ada yang berperan sebagai wirausaha. Fakultas Ekonomi mengelola dua program studi, yaitu Manajemen dan Akuntansi.

Fakultas Ekonomi terus membenah diri, dengan mengajukan reakreditasi untuk dua jurusan yang dikelolanya kepada BAN PT. Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi. Saat ini memiliki peringkat akreditasi program studi B. Nilai akreditasi B terakhir diperoleh oleh Program Studi Manajemen pada tahun2018 berdasarkan SK BAN-PT 1565/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2018 yang akan habis masa berlakunya pada tanggal 6 Juni 2023. Nilai akreditasi B terakhir yang diperoleh oleh Program Studi Akuntansi pada tanggal 3 Juni 2021  berdasarkan SK BAN-PT No. 6000/SK/BAN- PT/Ak-PPJ/S/VI/2021 dan akan habis masa berlakunya pada tanggal 3 Juni 2026.

Kondisi eksternal UPPS yang mencakup lingkungan makro seperti aspek politik. Fakultas Ekonomi merespon situasi politik nasional dengan mengimplementasikan beberapa strategi yang secara umum antara lain dengan selalu melakukan update terhadap ketentuan-ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penyelenggaraan pendidikan tinggi. Selain itu, Fakultas Ekonomi juga merespon perkembangan politik nasional dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan isu politik nasional serta melaksanakan kegiatan penelitian dan PKM yang berhubungan dengan perkembangan politik nasional tanpa keluar dari peta jalan penelitian Fakultas Ekonomi .Aktivitas politik kampus mahasiswa seperti melakukan kajian/diskusi, mimbar bebas, seminar, talk show,  pelatihan,  training,  aksi dan demonstrasi, seperti cuplikan video http://bitly.ws/C9FM  Advokasi  hak mahasiswa, pemilu mahasiswa, sidang umum mahasiswa, bakti sosial, dan lainnya. Semua itu tidak lain merupakan ajang pendidikan politik yang bertujuan untuk mematangkan kesiapan mental, jiwa dan pikiran para mahasiswa yang terlibat di dalamnya untuk menjadi seorang pemimpin (leader), negarawan, bahkan politikus handal sesungguhnya setelah pendidikan yang diperoleh dari kampus. Oleh karena itu situasi politik menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan dalam penentuan kebijakan internal Fakultas Ekonomi.

Aspek Ekonomi. Kontibusi dari Fakultas Ekonomi Universitas Serambi Mekkah yaitu rekomendasi kajian dan data sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan bidang ekonomi, kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia dan usaha mikro kecil dan menengah. Bentuk kontribusi lainnya yaitu pendampingan dan asistensi dalam kewirausahaan .

Aspek kebijakan. Kebijakan pengembangan UPPS disesuaikan berdasarkan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran UPPS dan tuntutan pengguna dan pemanfaatan lulusan. Program merdeka belajar kampus merdeka akan direncanakan, didesain, dilaksanakan dan dievaluasi di Fakultas Ekonomi. Program ini merupakan bentuk respon nyata Fakultas Ekonomi terhadap kebijakan pemerintah sekaligus sebagai bukti bahwa Fakultas Ekonomi menjadi mitra pemerintah dalam setiap implementasi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

Aspek Sosial. Kegiatan PKM yang dilaksanakan oleh UPPS didasarkan pada permasalahan yang dirasakan oleh masyarakat dalam rangka mendorong peningkatan pendapatan masyarakat. peranan UPPS seperti pendampingan pengembangan Bisnis.

Aspek budaya. Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi oleh UPPS telah memasukkan unsur budaya masyarakat Aceh dalam bidang penelitian dan pengabdian dengan mengangkat tema kearifan lokal masyarakat Aceh yang dihubungkan dengan aspek ekonomi, Bisnis, kewirausahaan, keuangan, pemasaran, dan kebijakan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan juga budaya masayarakat.

Aspek perkembangna ilmu pengetahuan dan teknologi. Kebijakan pengembangan UPPS mengadaptasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berbagai kegiatan pelayanan terhadap masyarakat. Hasil-hasil pendampingan yang telah dimanfaatkan yaitu pendampingan penciptaaan produk  serta pemasaran produk masyarakat melalui kegiatan penelitian dan PKM. Perkembangan teknologi saat ini juga sangat berpengaruh di berbagai bidang pendidikan. Para dosen Fakultas Ekonomi juga melakukan penelitian mengenai perkembangan teknologi sesuai dengan keilmuannya dan telah dipublikasikan di jurnal-jurnal nasional, maupun jurnal-jurnal intenasional.

Lingkungan Mikro, Aspek pesaing.  Perkembangan peningkatan kualitas dosen, semakin banyaknya dosen yang unggul di bidang penelitian di Universitas Serambi Mekkah dan juga di Fakultas Ekonomi untuk berkompetisi dengan Universitas lain seperti: Universitas Muhammadiyah, Universitas Syiah Kuala, Universitas Teuku Umar, dan lainnya.  Dalam menjaring mahasiswa, Universitas Serambi Mekkah semakin agresif mengembangkan mutu institusinya sehingga persaingan antar perguruan tinggi akan semakin ketat. Secara tata kota, Fakultas Ekonomi berada di kawasan yang sangat strategis dekat dengan flyover dan berada di jalan utama Banda Aceh. Dimana menjaring mahasiswa melalui jalur mandiri, beasiswa dan perolehan beasiswa bagi mahsiswa berprestasi, spserti dari Bank Indoenesia.  Dengan melakukan peningkatan layanan kemahasiswaan Fakultas Ekonomi melakukan pengembangan kegiatan kewirausahaan yang berpeluang meningkatkan brand image Universitas Serambi mekkah (USM) secara umum dan Fakultas Ekonomi secara khusus melalui inkubator bisnis USM , sebagaimana visi keilmuan program studi manajemen.

Pengguna lulusan. Lulusan Fakultas Ekonomi jurusan manajemen telah dibekali berupa keahlian dan kemampuan manajerial, memiliki wawasan global dan berpikir inovatif. Kurikulum yang digunakan sudah disesuaikan dengan kebutuhan pasar atau pengguna lulusan. Tingkat  kepuasan pengguna lulusan dievaluasi setiap semester dengan membagikan kuesioner baik secara online, maupun manual terhadap pengguna lulusan. Hasil analisis kuesioner menyatakan pengguna lulusan sangat puas terhadap kualitas dan kesesuaian bidang ilmu dan kemampuan lulusan.

Sumber calon mahasiswa. Mahasiswa sebagai salah satu pilar penting dalam proses pembelajaran, perlu direkrut dengan kualitas yang baik. Pada umumnya mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Serambi Mekkah berasal dari putra putri daerah Aceh, seperti dari Aceh Besar, Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Barat, simeulu, Sinabang, Sabang, bahkan ada yang berasal dari pulau Sumatera dan pulau Jawa. Dan juga ada yang berasal dari Luar Negeri, yaitu dari Thailand. Berikut passport Aseesee  https://bit.ly/pasportmahasiswa .

Calon Dosen. Fakultas Ekonomi merespon kebutuhan dosen dengan cara merekrut dosen yang secara akademik telah sesuai dengan kompetensi inti program studi yang dikelolanya. Hal ini akan mempermudah proses pengembangan karir dosen, terutama dari sisi jabatan fungsional akademik, sehingga semua karya yang dihasilkan akan relevan dengan keilmuan program studi dan dapat digunakan pada akreditasi.

Sumber tenaga kependidikan. Fakultas Ekonomi terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kependidikan yang professional dan mampu membantu meningkatkan kinerja lembaga. Upaya yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dalam memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan adalah dengan merekrut tenaga berkualifikasi yang kualifikasi akademiknya sesuai dengan tupoksinya masing-masing, serta memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan pendokumentasian dokumen.

Sarana dan prasarana Fakultas Ekonomi menyediakan berbagai macam sarana dan prasarana yang dibutukan oleh dosen dan mahasiswa. Sarana yang dimilki program studi manajemen antara lain: meja, kursi, infokus, lemari, whiteboard, computer, printer, scanner,AC, rak buku, buku, jurnal, prosiding, dan lainnya. Hal ini sudah sesuai dengan Standar Nasional (SN) Dikti bahkan lebih sebagaimana yang tertera pada pasal 34 mengenai standar sarana dan prasarana pembelajaran yang tertuang dalam SN Dikti No.3 Tahun 2020    https://bit.ly/SNDIKTI.  Adapun prasarana yang dimiliki antara lain: Lahan yang strategis, Gedung perkuliahan, ruang kelas, ruang Dekan, ruang wakil Dekan, ruang dosen, ruang rapat, ruang seminar,ruang sidang,ruang Mushalla, ruang laboratorium, ruang Aula, ruang pelayanan Akademik, Perpustakaan, tempat berolahraga, Toilet, dan lainnya telah sesuai dengan SN Dikti bahkan melampaui. Sarana dan prasarana fisik yang dimiliki dipelihara dan dirawat secara berkala sehingga kondisinya baik sekali, terawat dan mendukung aktivitas tridharma.

E-Learning. Pengembangan E-Learning dilakukan Universitas Serambi Mekkah dengan mengembangkan Sistem Informasi Pembelajaran. Setiap dosen menginput Rencana Pembelajaran Semester (RPS), materi pembelajaran, absensi mahasiswa dan juga soal Ujian Akhir Semester (UAS) melalui aplikasi yang sudah disediakan https://bit.ly/SIMPT-USM . USM juga telah mengembangkan sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  secara terpadu yang dapat diakses dari seluruh areal USM melalui layanan ICT-USM. Setiap awal semester mahasiswa UPPS  melakukan pemilihan mata kuliah melalui KRS secara online yang dapat diakses melalui jaringan internet  https://bit.ly/KRSONLINE-USM  Aplikasi lain yang digunakan adalah untuk mengakses materi pembelajaran online https://bit.ly/E-LearningUSM.

Open Course Ware. Sebagai salah satu bentuk strategi pembagian materi kuliah yang dapat diakses oleh mahasiswa secara online. USM telah menggunakan aplikasi tesebut dalam proses perkuliahan, jumlahnya terbatas dan belum seluruh dosen menggunakannya.

Kebutuhan dunia usaha/dan masyarakat, mitra, dan aliansi. Dalam mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, Fakultas Ekonomi melalui Unit Kemahasiswaan dan Alumni melakukan kegiatan tracer study, untuk mendata kontribusi alumni Fakultas Ekonomi di masyarakat serta melakukan survey kebutuhan dan harapan pengguna alumni, terutama para pengguna alumni yang telah bermitra dengan Fakultas Ekonomi. Alumni sangat berkontribusi dalam memberikan masukan kepada universitas, fakultas dan program studi mengenai kebutuhan masyarakat. Kerja sama Fakultas Ekonomi dengan, Bursa Efek Indonesia, DJKN, Autocad dan yang lainnya juga merupakan salah satu contoh upaya dan komitmen Fakultas Ekonomi dalam mempersiapkan para mahasiswa untuk siap terjun ke dunia kerja dan industri.